PELATIH PRAMUKA KWARCAB BULELENG BERTAMU ASA

Rapat Pelatih Pramuka Kwartir Cabang Buleleng.

Pertemuan ini sebagai ajang silahturahmi dan Pendataan Pelatih Pramuka Kwarcab yang ada.

Sampai saat ini ada 50 Pelatih,..yang masih aktif mengabdikan dirinya untuk kemajuan Pramuka Buleleng. Sementara yang sudah berpulang sebanyak 8 orang. Walau disadari tidak semua maksimal aktif nersumbangsih tenaga dan pikirannya dalam kegiatan pramuka di Kwarcab Buleleng.

Disisi lain dharapkan semua Pelatih memiliki Surat Hak Pelatih (SHL) yang dikeluarkan oleh Ketua Kwarcab yang baru Kak Drs. I Gede Suyasa, M.Pd. yang sekaligus Sekretaris Daerah  Buleleng.

Setiap ada kegiatan Pramuka terutama Pendidikan dan Pelatihan atau Diklat, sesuai aturan yang terbaru hanya bisa diikuti oleh beberapa orang pelatih saja. Dengan seperti itu diharapkan ada pemahaman yang benar diantara Pelatih.

Demikian Ketua Harian Kwarcab Buleleng Kak Made Tingkat, memaparkan lebih lanjut.

Untuk fungsi Pendidikan Kepramukaan dijelaskan bahwa Pramuka itu untuk menumbuhkan

1.Pendidikan Karakater

2.Pendidikan kewarganegaraan

3.Pendidikan Ahlak Mulia

Lebih jauh diingatkan kegiatan pramuka semua berdasarkan SHU dan SKK , untuk Kurikulum itu disusun oleh Pelatih dan Pengurus itu sendiri.

Untuk bisa melaksanakan kegiatan  kepramukaan bisa jalan, diharapkan semua memahami Juknis dan AD/ART Pramuka.

Dengan Kakwarcab yang baru diharapkan kegiatan  pramuka lebih bangkit.

Sementara untuk tekpram semua Pelatih memiliki keterampilan kepramukaan. Itu berlaku pada semua jenjang tingkat pelatih. Jangan sampai pelatih Siaga, Penggalang, Pendega hanya menguasai dibidang tingkatnya

Selanjutnya Ketuan Harian, mengajak semua pelatih yang hadir untuk meningkatkan kemampuan masing-masing, dengan seperti  itu dapat melahirkan pramuka yang kuat dan mandiri.

Dalam rangka memperkuat kebersamaan Pelatih akan diadakan kegiatan pertemuan yang lebih inten dan kontinyu nantinya diharapkan ada pembaharuan informasi ditingkat pelatih dan pembina pramuka, sambil bertemu sambil mengasah ingatan kita.

Ketua Harian Kak Tingkat juga memahami bagaimana pasang surutnya partisipasi Para Pembina dan Pelatih. Dengan kesibukan tugas masing-masing sebagai tugas Pokok ditempat kerja masing-masing.

Sehingga sangat mewarnai aktivitas dan partisipasi Pelatih dan Pembina. Untuk lebih mengarah pada pembinaan pramuka di sekolah, supaya lebih aktif menerapkan sistem blok untuk masing-masing kelas.

Misal blok kelas 1,2,3,4, dan 6 untuk SD, demikian juga di SMP dan SMA/K.

Sistem Penerapan Pendidikan Pramuka :

Sistem blok

Sistem aktualisasi

Diinformasikan juga pada kepengurusan di era Kakwarcab Baru, nantinya ada beberapa Pembina/Pelatih diajak sebagai Pengurus Kwarcab Buleleng 2020-2025.

Dengan harapan supaya maklum karena tidak semua bisa dilibatkan, semua itu diserahkan kepada Kakwarcab untuk menyeleksi.

Bagi yang tidak terlibat di Pengurus supaya berbesar hati tetap ikut berkontribusi dalam kemajuan kepramukaan di Buleleng.

Ditegaskan pula supaya ada kesiapan semua kakak pelatih dan pembina dalam rangka kesiapan syarat memberi kepelatihan yang dibuktikan dengan Surat Hak Latih (SHL).

Secara aturan walau memiliki  ijazah Pelatih, bila tidak punya SHL belum punya Hak untuk ikut melatih.

Lebih lanjut Kak Tingkat berharap kakak pelatih mengusulkan diri tanda penghargaan kepada Pengurus Kwarcab, dengan rincian sebagai berikut :

Panca Warsa I, 

untuk yang punya pengabdian dan kegiatan gudep aktif yang lebih 5 dari atau minimal KMD ini berhak mengusulkan Panca Warsa I

Pancawarsa II 

diberikan kepada Pelatih/Pembina yang sudah 10 tahun atau lebih aktif dikegiatan pramuka atau du gudepnya masing-masing dengan melakukan pembinaan kepada anggota gudep tersebut

Pancawarsa III

 Penghargaan ini untuk Pelatih/Pembina Pramuka yang sudah memgabdikan dirinya lebih dari 15 tahun.

Sementara untuk mengusulkan Penghargaan Darma Bhakti bagi yang sudah berbakti aktif pada kegiayan pramuka  lebih dari 20 tahun.

Itulah indah temu kangen para pelatih Kwarcab Buleleng dengan  arahan Ketua Harian  Kwarcab Buleleng yang sudah memberikan informasi lengkap dan sekaligus update pengetahuan Pelatih Pramuka dijajaran Kwarcab  Buleleng.

Salam Pramuka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DERMAGA HATI DALAM PUISI

MENJADIKAN DIRI BUKAN GURU BIASA

USAHA SUKSES GURU BETTI RISNALENNI