KILAU HATI GURU INSPIRATIF DI DAERAH 3T


   Nama   Lengkap : Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr.

2.      Tempat/ Tanggal Lahir: Banjarnegara, 16 Juni 1987

3.      Jenis kelamin               : Laki-laki

4.      NIP                             : 19870616 201504 1001

5.      NUPTK                       : 1111201504131022

6.      Jabatan Fungsional                  : Guru BK / Wakil Kepala Sekolah

7.      Pangkat/Golongan                  : Penata Muda Tingkat 1/ III b

8.      Unit kerja                                : SMP Negeri 5 Sambi Rampas

9.      Alamat Sekolah                      : Ngkolong, Desa Rana Mese, Kecamatan Sambi Rampas,          

                                                        Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

10.  Alamat Rumah                        : Kampung Longe, Desa Rana Mese

                                                         Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

11.  Nomor Telp/ HP                      : 085225574317

12.   Alamat pos-el (email) : hamdan.konselor@gmail.com

13.   Pendidikan Terakhir                : S1/ IKIP PGRI Semarang dan PPG /Unnes

14.  Mata Pelajaran yang diampu   : Bimbingan dan Konseling

15.  Pengalaman mengajar             : 5 Tahun

16.  Prestasi                                    :

a.       Finalis (10 besar ) Simposium GTK Dikdas Kemdikbud 2016

b.      Peserta terbaik Diklat Prajabatan CPNS 2016

c.       Guru SMP Inspiratif Nasional 2020 Kemdikbud RI

d.      Penghargaan sebagai pendidik di daerah 3T sejak 2011


Khamdan Muhaimin, S.Pd, Gr. Saya Bertugas di SMPN 5 Sambi Rampas Kab. Manggarai Timur, Provinsi NTT. Tetapi saya asli Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dia  bertugas di daerah 3t (terdepan, terluar dan tertinggal). Tentu bapak/ibu sudah bisa membayangkan kondisi daerah terpencil. Saya bercerita sedikit tentang kondisi di tempat saya. Di tempat saya tugas tidak ada Listrik, air susah, mata pencaharian orang tua berkebun yang hasil panenya satu tahun satu kali, menuju ibu kota kab. 4 jam. Jadi kalo mau makan bakso ya ke kota dulu heheh… tapi semua itu saya nikmati karena dengan menikmati dan mensyukuri proses kehidupan ini semua terasa ringan. Bertugas di daerah terpencil sejak tahun 2015 sampai sekarang.

Dia juga founder rumah belajar garis inspirasi yang berdiri sejak 2016 sampai sekarang

mulai menulis tahun 2016. Menulis tentang berbagai  tantangan dan solusi menjadi pendidik di daerah 3t. Pertama kali menulis langsung membawakan saya menjadi finalis (10 ) besar kegiatan Simposium GTK 2016 di Jakarta yang diselenggarakan oleh Kemdikbud RI.


Saya menulis karena saya ingin Pendidikan di daerah khusus atau daerah terpencil yang masih serba kekurangan dari berbagai akses dapat diperhatikan oleh pemerintah. Dan saya berharap dengan menulis tentang perjalanan atau tantangan bertugas di daerah 3t dapat memotivasi para guru-guru yang berjuang di garis depan daerah terpencil supaya para pendidik semangat  berinovasi dan  menginspirasi di walaupun di daerah terpencil.

Yang saya sampaikan adalah sedikit dari apa yang saya lakukan, saya yakin disini pasti banyak guru-guru hebat yang terus berjuang demi kemajuan Pendidikan di Indonesia khususnya di daerah 3t. Salam dari NTT. 


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DERMAGA HATI DALAM PUISI

MENJADIKAN DIRI BUKAN GURU BIASA

USAHA SUKSES GURU BETTI RISNALENNI