JEJAK LANGKAH BIOGRAFI SANG KEPALA SEKOLAH

 

   Sosok nara sumber kaali ke-22 ini adalah seorang kepala sekolah, dengan nama lengkap Suparno, S.Pd., M.Pd.

Kelas menilis ini sudah berlangsung sejak Januari 2020 dan sudan berada pada gelombang 16 asuhan Bapak Wijaya Kesumah, M.Pd. dengan panggilan akrabnya Omjay`

Sosok Bapak Suparno ini lahir di Magetan, 25 Juli 1966, Alamat: Desa Pojoksari RT 21 RW 3 Sukomoro Magetan. menjadi Guru ke-25. Kepala Sekolah 5 tahun dan baru akan pesiun 2026.             

Prestasi yang pernah tercapai;   

Lulus terbaik D3 IKIP Surabaya tingkat jurusan ke 89. 

Lulus Terbaik Tingkat jurusan S1. Universitas Wima th 1996.         

Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten tahun 2011 Juara 2     

Narasumber Nasional Guru Pembelajar 2016 sd 2018       

Jejak Literasi; 

1. Perjuangan Hidupku, Telaga Ilmu, 2019.     

2. Pranatacara lan Pamedhar Sàbda

3. Potret Desa Pojoksari   

4. Permasalahan BK di Sekolah.

5. Catatan harian seorang Kepala Sekolah       

6. Catatan Kepala Sekolah.   

Sajian kali ini adalah tentang biografi. Biografi Berasal Dari kata biografi artinya Riwayat hidup.Sedangkan otobiografi Adalah Riwayat Hidup Yang Ditulis Sendiri.                   

Manfaat menulis biografi, menurut guru yang sudah mengabdikan dan mendediikasikan dirinya selama 25 tahun;   

1. Mengabadikan Riwayat Hidup kitd, sehingga kalau kitd Sudah Meninggal Anakcucu kitd, akan mengetahui bahwa kakeknya dulu semasa Hidup di Dunia ceritanya begini.                                   

2.  Dari pengalaman yang baik pada diri kita bisa menjadi pembelajaran bagi orang setelah kita. Sehingga menjadi ilmu jariah bagi kita.                   

3.   Menjadi motivasi berprestasi bagi kita, karena suatu saat ingin menambahkan riwayat hidup menjadi cerita berprestasi lainnya.                       

4.   Rasanya rugi segudang prestasi yang anda miliki kalau tidak dituliskan akan lenyap ditelan jaman.            

Cara belajar menulis biografi seperti yang dipaparkan oleh kepala sekolah ini adalah Sebuah. Awali dengan membaca biografi orang ternama, maka anda akan terinspirasi mengenai gaya yang ditulisnya, layoutnya, dan cerita cerita apa yang penting dituliskannya. Setidaknya bacalah dua buku biografi, lebih banyak lebih baik sehingga anda bisa membandingkannya mana yang anda sukai.                                           

b. Menulis buku autobiografi adalah tingkatan menulis yang paling mudah, karena semuanya sudah di alamai atau dilakukan.                   

c.  Jadi menulislah apa yang kau lakukan, yang kau rasakan, kau sakiti, yang kau impikan, yang kau hayalkan. Menulis biografi termasuk apa yang kau lakukan, menulis novel termasuk apa yang kau hayalkan atau fiksi.                                     

Karena    yang menyukai   maka menulis  itu merasa menikmati,   senang sehingga kegiatan   sa dilakukan Beroperasi Terus menerus sehingga Pekerjaan menulis Cepat   s                      elesai.

Setelah membuat garis besar kemudian membuat jadwal menulis, misalnya setiap hari saya harus menulis satu judul. Dan kita harus konsisten dan konsisten dengan jadwal itu. Tidak ada perkara besar yang bisa mewujudkan tidak disiplin dan konsisten.                                         

Penulis itu memang orang hebat, orang luar biasa. Pemikirannya pasti kebanyakan manusia. Penulis ITU pengetahuannya Mendalam sedalam samudra, memiliki Wawasan Yang Luas, Seluas jagad raya.                                   KARENA Yang Menyukai Maka menulis ITU merasa Menikmati, Senang sehingga kegiatan ITU dilakukan Beroperasi Terus menerus sehingga Pekerjaan menulis Cepat Selesai.                               

KARENA Yang dusukai Maka menulis ITU nelibatkan rasa hati hati sehingga bahasanya juga enak dibaca Dirasakan hati Hati Pembaca.                       

Setelah membuat garis besar kemudian membuat jadwal menulis, misalnya setiap hari saya harus menulis satu judul. Dan kita harus konsisten dan konsisten dengan jadwal itu. Tidak ada perkara besar yang bisa mewujudkan tidak disiplin dan konsisten.                                         

Penulis itu memang orang hebat, orang luar biasa. Pemikirannya pasti kebanyakan manusia. Penulis ITU pengetahuannya Mendalam sedalam samudra, memiliki Wawasan Yang Luas, Seluas jagad raya.                                 

Dijelaskan Kriteria buku biografi Yang Baik meliputi :          

1. yang selesai dituliskannya dan diterbitkan.       

2. Yang ada nilai edukatif   

3. Yang menginspirasi untuk mengambil keputusan yang membuat           

    dia melakukan terbaik tindakan dan perilakunya     

4. Di situ   ada prestasi yang   menginspirasi

 

Menulis   buku   biografi   tidak   Harus Hebat   dulu,   Riwayat   Hidup kitd Dari   kesederhanaan,   kejujuran,   keikhlasan   , kedisiplinan,   pengorbanan   can   diangkat   Jadi   Topik   Yang   menginspirasi. Kalau   tidak   ada   yang perlu dibaca   setidaknya   murid   kita,   anak cucu   kelak   kemudian hari.

Barangkali   kita bisa belajar   dari   orang   disiplin,   dan apa   hasil   akhirnya. Belajar   PADA orangutan orangutan   Yang tulus   iklas   Dan   bagaimana   hasil temuan   Akhirnya.   Seperti   pesan   Omjay   yang dihafal   oleh   seluruh   peserta,   menulislah   setiap   hari   dan buktikan   apa yang akan terjadi.

Akhirnya   terpilih   sebagai   narasumber   nasional, diklat   di Makassar, di Bali,   menatar   di Bandung,   Surabaya,   naik   pesawat   gratis yang   dibiayai   Negara.

Demikian sajian materi yang disampaiakan oleh seorang kepala sekolah dengan segudang jejah lierasinya. Semoag bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DERMAGA HATI DALAM PUISI

MENJADIKAN DIRI BUKAN GURU BIASA

USAHA SUKSES GURU BETTI RISNALENNI